Minggu, 21 Oktober 2018

Puding Lumut Butter

Diposting oleh mirefasdiari di 08.00



Penasaran sama resep yang sempet ngeHits sekitar setahun yang lalu. Gak sengaja liat tutorial resep ini dari Kokiku. Tv by Yudha Bastara. Sekilas kayak yang gampang ya,  tapi ternyata,  agak fail sedikit pas pembuatannya.  Bagian tersulit adalah teknik temper kuning telur ke bahan adonan puding butternya. Alhasil bergerenjel kayak omelette deh. Wkwkwkwkwk. 
Well, sejujurnya, sebenarnya tantangan yang paling berat adalah badan sedang lemas letih lesu plus ditemani sama asisten cilik, yang gak lain gak bukan adalah si baby Han Han.  Hihi. Yah namanya juga udah punya anak.
Rasanya? Hmmm,  ya begitulah masih Jauh dari ekspektasi,  sejujurnya,  entah memang rasanya yang begitu atau teknik saya yang masih salah huhuhu. Sepertinya saya harus coba sekali lagi kalo ada waktu dan kesempatan supaya bisa buat puding butter ala instagram gitu d. Ok, gak banyak basa-basi,  inilah resepny, Let's get cooking! 

Pudding Lumut Butter

Lapisan 1: puding Lumut

Bahan

·         600 ml air

·        1 sachet agar2 plain
·        125 ml santan
·        100 gram daun suji/pandan
·        2 butir telur
·        100 gram

     Cara Membuat
  1. Masukkan 600 ml air, 1 sachet agar2 plain, 125 ml santan, 100 gram daun suji/pandan, 2 butir telur, 100 gram gula, sejumput garam di blender sampai halus dan disaring dan dipanaskan hingga mendidih sehingga santan dan telur menjadi pecah.
  2. Tipsnya, untuk butiran lumut yang lebih kecil bisa mengaduk adonan lebih sering dengan menggunakan whisk, sebaliknya untuk hasil butiran lumut yang besar, tidak perlu sering diaduk.
  3. Setelah mendidih, tunggu adonan lumut hingga dingin sampai mengental  sebelum dimasukan ke loyang masukkan kedalam loyang, dan didinginkan.


Lapisn 2: Puding Butter

Bahan
·         550 ml air 
·         1 sct agar-agar
·         100 gram mentega/ margarin
·         180 gram SKM
·         sejumut garam
·         3 kuning telur

Cara Membuat
  1.  Masukan 550 ml air dan 1 sachet agar-agar didihkan
  2.   Masukan 100 gram mentega/ margarin+ 180 gram SKM+ sejumut garam
  3.   Masukan 3 kuning telur dengan menggunakan proses penyamaan suhu (temper) yaitu degan memasukan beberapa sendok adonan mentega ke dalam telur dan dikocok hingga suhunya sama lallu di masukan ke adonan yang besar. Pastikan kuning telurnya diaduk merata dan panas dari agar-agar dapat melelehkan kuning telurnya. Setelah itu tunggu beberapa menit untuk didinginkan sampai akhirnya dimasukan ke cetakan dan voila, pudding lumut butter siap disajikan


0 komentar:

Posting Komentar

 

- Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos