Selasa, 09 Oktober 2018

Baby Han Han Development Update 4-6 Mo

Diposting oleh mirefasdiari di 13.18

Ketika bayi mungil berubah menjadi bayi bocah, so tricky and demanding. However, he is so cute and lovely at the same time. Bayi yang sebelumnya hanya bisa tidur, menyusui, dan nangis sudah bisa beraksi dan punya banyak akal. Gak sangka perkembangannya begitu cepat dari waktu. Di bulan 4-6, banyak hal yang sudah bisa si bayi ini lakukan,  dari mulai makan, bermain, berinteraksi dengan lingkungan sekitar,   dan masih banyak lagi. 

tried to make vlogger video, but still fail. masih harus banyak latihan lagi, may be some day. doakan ya!




Makan


Han Han mulai makan saat 4 bulan. Adapun alasan utamanya adalah berat badan Han Han yang kurang. Selain itu, alasan yang lainnya dia sudah menunjukkan tanda-tanda siap makan seperti sering memasukan tangan ke mulut, duduk dengan sedikit bantuan, bisa memegang kepalanya hingga 10 menit, dan yang pasti kabitaan alias penasaran sama apa yang kita makan hal ini terbukti ketika bulan puasa, ia hampir selalu ikut dalam sesi buka dan sahur dan ikut memperhatikan apa yang saya dan keluarga makan dengan ekpresi penasarannya. Sempat sedih sih karena saya bisa dibilang gagal memberikan programAsi ekslusif untuk Han Han, tapi idealisme dalam hal ini harus ditinggalkan, yang penting  bukan hanya programnya yang berhasil tapi bayi bisa tumbuh sesuai dengan usianya. 


Baiklah, tetap menerima semua sebagai kabar baik, saya merasa senang pada akhirnya setelah perjalanan menyusui yang cukup panjang saya bisa memberikan dia makan,  yeayyyy. Saya sangat bersemangat memberikan berbagai makanan yang akan dia coba dan penasaran bagaimana reaksinya. Alhamdulillah, secara umum Han Han tidak sulit makan, namun dalam hal tertentu kadang Han Han tidak suka makan seperti tekstur yang agak keras, bosan dengan rasa yang begitu saja, dan lain-lain. 
 Program penambahan berat badan Han Han juga tidak mudah, untuk pertemuan kedua dengan dokter hasilnya masih mengecewakan karena belum Ada kenaikan signifikan walaupun sudah makan banyak (makan bubur susu instan) plus udah dikasih vitamin sama zat besi tambahan, huhuhu. Jujur, saya sempat down, tapi karena dukungan keluarga yang menguatkan saya karena perkembangan Han Han baik-baik saja, jadi gak ada yang perlu dikhawatirkan dan secara garis besar berat badan Han Han masih berada di kurva normal pada KMS. Akhirnya saya berusaha untuk tenang sambil berikhtiar memberi gizi yang terbaik untuk Han Han.  Alhamdulillah, semua  masalah teratasi, slow but sure, pertambahan berat Han Han semakin membaik di tiap minggunya.

Berinteraksi dengan dunia sekitar 




Pada tahap perkembangan ini,  Han  Han sudah mulai “ngeh” dengan apa yang terjadi di sekitarnya.  Dari perubahan kecil, pergerakan kecil, suara- suara kecil, seperti gerakan menyapu, pantulan bola,  sangat menarik perhatiannya. Dia juga sudah mulai bermain lho, dari bermain dengan boneka,  dan beberapa mainan lain,  senang mendengar cerita mami ketika membaca buku, dan mulai tanggap jika orang dewasa mengajaknya berbicara, walaupun dia sudah bisa memilah dan memilih mana saja orang-orang yang dikenal yang membuat dia nyaman. Alhamdulillah, saya bersyukur Han Han dikenal dengan bayi yang anteng dan ramah karena dia mudah tersenyum, dan tidak gampang menangis di berbagai kondisi dan lokasi tertentu yang kadang kurang nyaman untuk bayi. So, saya gak perlu lagi melakukan ritual geprak sirih di hari Jumat untuk membuatnya tersenyum, hihihihi. Banyak yang bilang keramahan si bayi bocah ini turunan Maminya, lho. Wih, si mami langsung kembang kempis mendengar opini tersebut, hohoho,


Beberapa permainan sederhana favoritnya adalah  bermain ci-luk-ba, melihat wajahnya di cermin, baby talk, dan bermain plastik. Well,memang menggemaskan melihat tingkah lakunya yang ada2 aja, kadang kalau kita mah si bayi mulai ngelawak, apalagi kalo dia udah ketawa ngekek,  oh so cute banget,  gemessshhh. Hihihi

Perkembangan motorik
Di tahapan perkembangan  ini,  Han Han menunjukkan kemampuannya yang luar biasa. Jadi ingat sekilas lirik what a wonderful world.


Dan yah begitulah yang terjadi pada Han Han kadang gak terasa kalau hari tertentu dia udah bisa melakukan ini dan itu. Di situlah saya merasa terkagum dan sangat bersyukur akan perkembangan si Bayi bocah yang bisa dibilang cukup cepat. Alhamdulillaj

Aktif Guling-guling

Han Han sudah bisa guling semenjak bulan kedua,  tetapi masih belum lancar,  sehingga saya sering latih dia untuk tummy time, kadang dia suka lupa bagaimana cara berguling yang benar, kadang berhasil di hari ini, besoknya udah lupa lagi, belum konsisten. Namun,  alhamdulillah, pada akhirnya di bulan ke- 5 dan 6 dia sudah aktif guling2 sampai -sampai tempat tidur kami dikuasai sama dia. Hihihi.  Setiap tidur dia udah muter aja kayak jarum Jam,  tiba kepalanya di bawah kaki saya, menit berikutnya sudah ada sudah ada di kaki suami saya.  Hadeuh ada aja kelakuan si Bayi bocah. So, kami memang harus ekstra hati hati untuk menjaganya.  

Belajar duduk dengan sedikit bantuan
Han Han sudah mulai bisa didudukkan semenjak usianya 3-4 bulan, karena lehernya sudah kuat,  namun menginjak usianya yang ke empat dia sudah bisa lebih ajeg dan duduk dengan sedikit bantuan walaupun belum bisa bangun sendiri. Di usianya ke 6 bulan dia sudah bisa duduk dengan lama, dan mulai bisa bangun sendiri dari posisi setengah tidur. Alhamdulillah.

Mulai belajar merangkak
Dia sudah mulai menunjukkan tanda-tanda merangkak dari bulan ke-4, yaitu dengan memposisikan badannya seperti sedang push-up dan menggerakan sedikit kakinya ke depan, namun hal tersebut tampak lebih jelas di usia 6 bulan dimana dia sudah menunjukkan gerakan "Gong Gong"nya yaitu gerakan duduk sambil menggerakkan badannya ke depan dan belakang.

Belajar dari pengalaman

Aware the past event such an traumatic experience. Di usia si bocah yang makin dewasa, dia sudah menunjukkan kemampuan untuk lebih awas dan berhati2 apabila ada sesuatu yang membahayakan dirinya.  Hal ini terlihat saat aktifitas mandi, biasanya dia heboh banget setiap ketemu air, namun karena pernah sesekali kepalanya masuk ke Air karena licin, besoknya dia tampak lebih berhati2 dan Berusaha mengontrol gerakannya.  Perilaku ini juga tampak saat sesi makan, dimana kalau dia kurang suka makanannya, dia selalu melakukan gerakan GTM alias Gerakan Tutup Mulut.  Berbagai cara mami lakukan supaya dia bisa membuka mulut dan menghabiskan makannannya dari mulai bernyanyi,  mengalihkan perhatian dengan mainan, deselingi minum,  dan mungkin teknik ini berhasil pada saat itu,  namun ketika dicoba di  kesempatan berikutnya,  dia sudah mulai mengenal trik si Mami,   jadi dia sangat lihai dalam menghindari asupan makanan ke mulutnya,  di sanalah saya kadang suka gemesh,  muter otak,  dan kewalahan.  Memangil bayi bocah ini banyak akalnya.  Luar biasa anak si mami ini

Mami Produktif
Mami mulai memiliki waktu luang untuk melakukan berbagai aktivitas demi menunjang me Time dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga,  karena si bayi mulai anteng diajak main atau ditinggal dan  dititip ke orang lainnya,  mami juga udah mulai masak,  dan melakukan banyak hal lainnya

Masak 
Akhirnya bisa masak juga walaupun harus menunggu si bayi tertidur, atau dititip atau langkah terakhir ya digedong.  Sempat terjadi kontroversi di rumah kalau saya ketauan menggendong si bayi bocah ketika masak,  takut berbahaya dan bla bla,  tapi yaaa mau digimanain lagi if its the only way.

Sleep training
Berbagai cara dilakukan,  dari mulai full feeding Plus rocking on bouncer,  walaupun Lama kelamaan kurang efektif karena si bayi makin besar dan membutuhkan space lebih untuk bergerak,  jadi yang saya lakukan adalah dengan nenen  sampai ngantuk secara berbagai cara pernah dilakukan seperti mendownload Jonshon and Jonshon bed Time application,  follow all bedtime routine. Namu, semuanya masih  belum berhasil membuat dia bisa  tidur all night long,  sepertinya saya memang harus bersabar, menunggu saatnya tiba, dimana si Bayi bocah bisa tidur dengan sendirinya, dan terlelap sepanjang malam.  Fiyuuuhhhh, entahlah hanya bisa berpasrah.

Han Han mulai bisa diajak jalan-jalan ke tempat jauh
Han Han udah mulai bisa duduk jadi lebih aman untuk diajak jalan2. Mami sudah mulai ngajak Han Han pakai kendaraan umum  angkot ojek,  alhamdulillah si bayi baik2 aja,  tapi jangan diforsir takutnya bayi kecapean jadinya kena flu dan sebagainya. Oia dia juga sempat di ajak ke Bandung dan Bekasi, Alhamdulillah sepanjang jalan Han Han bisa bekerja sama dengan baik, anteng, dan selalu ceria. Wah benar-benar Baby Traveler si Bayi Bocah ini. Hohoho. 




Ya begitulah sekilas gambaran saya dan baby han han,  alhamdulillah,  saya sangat bersyukur dengan perkembangan Han Han yang luar biasa di setiap harinya.


Rasanya, gak sia-sia stay di rumah walau kadang kejenuhan melanda berat, namun jika melihat perkembangan si Bayi, semua perjuangan terbayar sudah. Well, akhir kata saya hanya berharap dan berdoa sehat2 terus ya saying. Semoga kamu bisa terus bertumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik dan berguna kelak. Aamiin.






0 komentar:

Posting Komentar

 

- Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos