Senin, 18 September 2017

Part 2

Diposting oleh mirefasdiari di 02.41
Perjumpaan Pertama


Hingga pada akhirnya hari itu tiba, tanggal 3 Agustus 2016, hari pertama bekerja di tempat baru, hari ketika aku berjumpa dengannya untuk pertama kalinya, Muhammad Abdul Halim, salah satu rekan kerja yang kebetulan seruangan di kantor baruku, Sampoerna  Academy boarding school.
          Muhammad Abdul Halim (A), kesan pertama aku bertemu dengannya, orangnya serius, tapi manis dan ganteng juga ketika diperkenalkan oleh Pak Andri saat berkeliling sekolah. Sempat juga terpikir, “kayaknya sih udah menikah.”  Hmm gak tau kenapa tapi senang aja nebak-nebak seseorang sudah menikah atau belum dari mukanya, hehe, hmmm bukan bermaksud ya, tapi wajahnya memang dewasa ko. Setelah berkeliling sekolah dan diperkenalkan dengan beberapa guru dan staf yang lain akhirnya kembali ke ruangan, MAD dan mulai ngegabut, alias gak ada kerjaan, maklum namanya juga hari pertama.
          Di hari, 4 Agustus 2016, karena saking belum ada pekerjaan, suka memperhatikan satu per satu gerak-gerik yang orang-orang di ruangan itu, termasuk dia yang serius banget di depan komputernya, mondar-mandir ga jelas kayak setrikaan, teriak-teriak ga jelas, dan ketawa ga jelas pula. Sebenarnya ga Cuma dia aja sih yang kayak begitu, beberapa yang lainnya juga kayak gitu kok. Sempet kepikiran juga “ Hmm,,, kayaknya kalo liat dari gerak-geriknya orang ini belum nikah d,” Sotoy banget ya, memang dia ngapain gitu sampai bisa menyimpulkan seperti itu, entahlah hanya firasat saja, dan iseng akibat kegabutan yang ga jelas. Akhirnya dari pada semuanya makin gak jelas, lebih baik menanyakannya langsung pada salah satu teman kerja yang kebetulan sudah menahun di sana, yaitu Aria (Ar). Kebetulan dulu sering banget ngegosip bareng sama dua sejoli ini, Aria dan Banu. Nah, supaya gak keliatan frontal banget, akhirnya ngobrol sebentar gak jelas (lupa juga ngobrol tentang apa) terus langsung d beralih ke pertanyaan langsung.”
E        : “Aria, sebenernya siapa aja sih yang udah nikah di kantor ini?”
Ar      : “Oo banyak,, ada si ini si itu yang udah nikah, Mi.” Pokonya  dia ngejelasin banyak banget staf dan guru
Me     : “Oke-oke Aria, supaya ga ribet pertanyaannya gua persingkat aja ya, kira-kira siapa aja yang belum nikah di kantor ini, cowo dan cewe ya Ya?”

Terus Aria menyebutkan satu per satu anggotanya, sampai dia menyebutkan nama Halim (kebetulan waktu itu masih belum bisa mengingat namanya)

Ar      : “Nah kalo halim itu belum nikah “

(Tuh khan bener juga firasatku, terjawab juga rasa penasaranku)

Me     : “Dia belum nikah? Gua kira dia udah nikah , lho? Berlagak sok polos gitu          padahal mah ….. hohoho.
Aria: “ Kenapa, Mi, mau daftar jadi calonnya?” Kata Aria sambil becanda,

Hmm,,, Karena gak bisa menjawab, akhir sok sok ngalihin dia ke topik pembicaraan yang, maksud siapa aja orang-orang yang belum nikah di kantor ini. Hohoho
Me:  “ Ayo, ya, kasih tau lagi siapa aja yang belum nikah ?”

Setelah itu, Aria kasih tau informasi yang lainnya. (Hmm,,Gak tau mesti seneng atau biasa aja, yang jelas sempet senyum-senyum sendiri gitu, hohoho)

          Setelah sekian lama ngegosip yang ga jelas sama Aria, akhirnya kembali ngegabut lagi d. Nah ketika ga sengaja ngegabut keluarlah dia dari mejanya. Sempet ngeliat sekilas melewati mejaku menuju keluar, terus dia tersenyum padaku, dan aku membalas senyumnya. Dan gak lama kemudiang setelah itu, dia bertanya:
A        : “Mba konselor baru ya? Lulusan dari mana, mba?
Me     : “Saya lulusan UIN fakultas psikologi, Pak.”
A        : “Oh lulusan UIN, saya juga dulu kuliah di UIN, Mba, tapi fakultas ekonomi.”
Me     :”Wah sama kayak kaka saya dong ya, Pak, berarti satu alumni, dong.”
A        : “Orang Bogor asli mba?”
Me     : “Iya, Pak, Bapak juga orang bogor?”
A        :”Oia saya orang bogor, tapi bapak saya dari Jawa. Berarti dulu SMPnya                        dimana, Mba?”
Me     : “Oh gitu,  Saya dulu SMP 9 Bogor, Pak.”
A        : “Wah sama dong kayak saya, Mba, saya juga SMP 9 dulunya, angkatan tahun               berapa, Mba?”
Me     : “Saya lulus tahun 2006, Pak.”
A        : “Wah kalo saya lulus tahun 2003 berarti kita Cuma beda tiga tahun ya, Mba,    oia dulu SMAnya di mana?”
Me     : “Saya di SMA 4, Pak, jangan- jangan sama juga lagi, ya? (secara SMP 9 dan      SMA 4 itu saling berdekatan, jadi tinggal loncat,d, hihi.
A        : “Oh gitu, hahahahha, tadinya juga saya  masuk SMA 4 mba, nama saya udah    ada absennya di sana tapi saya udah kepalang masuk Al-Ghazali, udah satu    semester nama saya masih kecatat di absen sana, sampai temen-temen saya      pada nanyain kapan saya pindah lagi ke sana.”
Me     : “Wah sayang ya, Pak, gak jadi satu alumni, deh, kita, hehehehehe.”
A        : “ Iya, ya, hahaha.”
Me     : “Btw, rumahnya dimana, Pak?”
A        :”Wah saya di Bondongan mba di layung sari,
Me     :” Wah deket dong sama saya, hohoho, rumah saya, Pak, rumah saya di Cipaku,          lho. “
A        : “Oh gitu, Mba, Kemaren kalau pulang lewat mana mba?”
Me     : “Saya kemaren naek shuttle Pak, tapi macetnya parah banget masa pulang     jam setengah lima nyampenya jam 7.”
A        : “Oh kalau kayak gitu pulangnya bareng sama saya aja, mba, naik motor, khan sejalan.”
Me     :”Hmm, boleh juga, deh, Pak, lumayan hemat waktu gak terlalu ketemu macet.”
A        : “Oia, kebetulan udah waktunya pulang, ayo, mba, kita pulang, saya tunggu     mba di depan, ya!
Me     : “Okay, Pak, tungguin, ya!
          Di sepanjang jalan dia banyak cerita tentang posisinya sebagai akuntan pusat  di Putera Sampoerna Foundation yang menangani SABS Bogor, dia juga cerita tentang keluarganya. Kebetulan dia anak pertama, dari 6 bersaudara, sebenernya 7, tapi adiknya yang terakhir meninggal saat proses kelahiran 4 tahun yang lalu. Akhirnya dia mengantar ke rumah. Awalnya aku cuma pengen diantar sampai Gang depan rumah, karena lumayan jauh jaraknya dari jalan besar, tapi yasudlah akhirnya diantar juga sampai depan rumah.

A        :"Rumah Mba dimana?"Nanti kalau besok mau bareng hubungi saya aja ya, ini     nomornya, disms aja mba, kita ketemu di pertigaan Cipaku.
E        :”Oh, oke, Pak, nanti saya kabarin, makasih, ya!
A        :”Sama-sama, Mba.”

Dan dia pun memberikan nomornya padaku.

A        :Oia,  Mba jangan lupa, nanti kalau mau bareng pake jaket sama masker,          helmnya punya ga? kalau ga punya nanti mba. beli aja, bisa titip ke saya,    hohoho.”
E        :”Oke, Pa, itu mah bisa diatur.”

Dan begitulah cerita di hari kedua

Di hari ketiga, aku ga berangkat bareng sama dia, karena harus izin setengah hari supaya bisa buka rekening Bank BCA. Setelah selesai langsunglah cuss balik lagi ke Sekolah pas pagi2 sempet chat dia u
ntuk member kabar.
E        :"Pak, saya hari ini gak bisa bareng karena mau izin ke Bank."
A        :"Oia, mba gpp, wah kalo mba mau ke Bank, tadinya saya juga mau ke sana                  sekalian hehe."
E        :"Yah, sayang banget, ya,,,hoho"

Begitu sampe di sekolah,,, dan masuk ruangan MAD, tiba2  sudah ramai lah seisi ruangan. Hmm,, sebenernya gak rame sih, cuma salah satu temen aku yang rame, yaitu gak lain dan gak bukan adalah Banu (B) yang sama-sama pegawai baru di sini. Datang-datang dia langsung menghampiriku dan bilang

B        : "Ciyee,,, bu Em, sama Pa Halim, hihihi.”
E        :”Hadeuh gosip apa lagi sih ini.”
B        :”Eits ini bukan gosip, lho, fakta dari Pak Halim, sendiri, lho, Bu Em."
E        :”Fakta apa sih, Bu Ban?"
B        : "Eh tau ga, tadi tuh ya, Pak Rey nawarin Pak Halim buat jadi dorm parents,     trus Pak Halim langsung jawab "kalau saya jadi dorm parents, saya gak bisa          bareng sama bu Emi, dong, Pak Rey. trus semua orang di kantor langsung rame,   ciye ciye ciye, eh terus mau tau gak Pak Rey, bilang apa "Yasudahlah, buat Pak      Halim,  Bu Emi boleh ga jadi dorm parents." ihiy ihiy, ciyee Bu Em....."
E        : "Ya ampun cuma pulang bareng doang masa langsung jadi gosip c, huhu.”
B        : "Gua mau jadi mak comblang kalian berdua ah, gua khan udah biasa jadi mak             comblang, hihihi."

                                                               ###

Tibalah makan siang,  seinget aku ada bu Hikmah (H) da
n Banu. Sebenernya ga inget juga sih kapan percakapan ini terjadi, agak mixed up memory gitu, tapi  aku yakin  kalau percakapan ini pernah terjadi.
B        : “Ciyee bu Em sama Pak Halim.”
Bu Hikmah pun ikut tersenyum.
B        : “Pokoknya gua mau jadi mak comblang, kita khan sama2 mau nikah, ya, Bu     Hik, jadi kita harus menularkan virus kebahagiaan itu ke temen2 kita.”
Hi      : “Setuju sama Bu Ban, semoga , ya, Bu Em.
Dan aku Cuma pasrah aja dengan semuanya. Hmm,, entahlah,,ya terserah mereka aja deh ya. Tiba2-tiba datanglah Bu Yuli (BY). Nah, sebenernya aku juga lupa sih dia ngomongin apa, tapi gak tau kenapa, tiba-tiba munculah nama Pak Halim ke permukaan. jadi sekilas gitu ingetnya.

B        : “Bu Yuli, Pak Halim khan dicengcengin sama bu Emi, lho, hoho.”
BY      : "Pak Halim itu suami idaman, dia itu ora
ngnya alim banget."  sambil menatap dengan mata sedikit kosong ke      depan.
          Mendengar per
nyataan itu, aku hampir keselek, sedikit syok karena ga percaya. IDAMAN ? ALIM? Masa sih?  perasaan kemarin becanda melulu, ga ada alim2nya, kok bisa sih?

BY      :" Iya dia itu orangnya baik, sholeh, dan dewasa, banyak yang mau sama dia."
What? Apa?? masih ga percaya dalam hati,,,
          Dan begitulah, percakapan pun terus berlanjut sampai akhirnya waktu istirahat di hari jumat berakhir. Di kantorku biasanya kalo hari jumat murid, guru, dan staff diharuskan menggunakan baju batik. Kegiatan belajar mengajar pun tidak full seperti hari biasanya, hanya setengah hari. Adapun kegiatan anak2 setelah itu adalah assembly, pertemuan dengan wali kelas, dan teman seasrama. So, hari jumat adalah hari yang paling santai. Kebetulan untuk jumat ini kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Assembly dan kemarin baru saja ada tragedi kesurupan masal di asrama.
          Kebetulan pengisi assembly di hari tersebut gak lain dan gak bukan adalah Dia, A.  Pada saat itu dia berusaha membuat anak-anak untuk tenang dan memberi tips bagaimana mencegah kesurupan yaitu dengan banyak berdoa, jangan terlalu kecapean dan juga menjaga kebersihan.
          Dia menyampaikan ceramah itu dengan mukanya yang datar, tenang, dan terkesan sedikit cool, tetapi anak-anak mendengarkan ceramahnya dengan serius.  Dan semenjak itulah, sedikit demi sedikit aku mulai percaya mungkin apa yang dikatakan Bu Yuli itu ada benarnya juga.
                                                              

####

0 komentar:

Posting Komentar

 

- Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos