Selasa, 31 Agustus 2010

Puisi Pertamaku

Diposkan oleh emiria farahdina di 01.09
Reaksi: 

Terkadang di dalam kehidupan ini, ada saatnya kita perlu mencoba sesuatu yang baru, sesuatu yang tidak biasa atau mungkin tidak pernah kita lakukan sebelumnya, agar tidak merasa jenuh. Berbicara hal- hal yang baru, pernahkah kalian mempunyai kisah yang menarik mengenai sesuatu yang baru dalam kehidupan kalian?

Sesuatu yang baru, baiklah, mungkin sekarang adalah saat yang sangat tepat untuk mengakui hal ini. Hmm.. Sejujurnya, pada awalnya aku sangat benci menulis dan paling malas kalau harus disuruh mengarang, karena pada kenyataannya aku selalu megalami kesulitan ide setiap kali harus mengarang cerita. Menurutku itu adalah hal yang sangat menyebalkan. Aku benci itu!

Aku ingat sebuah pengalaman ketika aku masih duduk di bangku SD, tepatnya kelas 4, berbeda dengan teman- temanku yang selalu menyelesaikan setiap ujian mengarang dengan baik, aku selalu merasa menjadi murid paling bodoh di kelas, karena aku selalu merasa kesulitan tidak tahu harus menulis apa dan aku merasa kebingungan.Pada akhirnya, agar dapat menyelesaikan ujian mengarang, dengan jumlah paragraf yang telah ditentukan oleh guruku, aku dengan sengaja memperbesar semua tulisanku sebesar mungkin dan memperlebar jarak- jaraknya selebar mungkin, walaupun tulisanku sebenarnya kecil. Itu adalah satu- satunya jalan pintas yang terpaksa harus kutempuh, benar- benar konyol bukan?

Pada saat itu, aku sadar tak terbesit sedikit pun dalam pikiranku sebuah niat untuk bisa menulis. Menurutku, menulis adalah pekerjaan yang yang paling melelahkan karena kita harus menguras otak kita agar bisa mengeluarkan ide- ide yang selalu terkunci di dalam pikiran.Aku benci sekali menulis!

Namun, seiiring dengan berjalannya waktu, karena beberapa alasan ( yang akan aku ceritakan pada kesempatan lain), akhirnya, perlahan tetapi pasti, aku mulai menyukai menulis, dan menurutku menulis adalah hal yang menyenangkan. Sedikit demi sedikit aku mulai menulis seperti menulis karangan, diary, dan lain- lain. Sampai akhirnya menulis puisi, padahal sebelumnya aku berpikir bahwa aku tidak berbakat dalam hal ini. Sama sekali tidak berbakat!

Berbicara mengenai puisi, aku ingin sekali memperlihatkan puisi pertama di blog ini, puisi yang kutulis ketika aku duduk di kelas dua SMP. Jujur saja, tujuanku menulis panjang lebar di blog ini sebenarnya hanya untuk memperlihatkan puisi pertamaku, Aku Bukan Pujangga, yaitu:


Aku Bukan Pujangga


Aku bukanlah pujangga

bukanlah pujangga yang dapat merangkai kata –kata yang indah

bukanlah pujangga yang dapat membuat kalimat yang dapat membuat semua orang terbuai


Tapi aku akan berusaha untuk menulis

menulis yang ada dalam pikiran dan hatiku


Biarlah aku tidak menjadi sang pujangga untuk orang lain

Tetapi

Biarlah Aku menjadi sang pujangga untuk diriku sendiri


0 komentar:

Poskan Komentar

 

- Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos