Selasa, 04 September 2018

Wonder Weeks

Diposting oleh mirefasdiari di 07.56
Sempat mengalami menjadi New Mom yang super panik ketika si Baby pulang ke rumah setelah NICU selama 5 hari. Well, it was kinda a frustrating event for me.  Untungnya direkomendasikan tentang buku ini oleh Kaka tersayang, dan benarlah ternyata buku ini recommended banget, sangat membantu untuk lebih banyak memahami si Baby dan perkembangannya.

Image result for the wonder weeks book

Wonder weeks adalah sebuah buku yang ditulis oleh profesor   Hetty van de Rijt ,  Frans Plooij Xaviera Plas-Plooij. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji ke banyak subjek bayi selama bertahun-tahun di seluruh dunia. Dia menemukan sebuah pola perkembangan yang sama yaitu fase fussy week dan wonder week yang terjadi pada bayi dari usia 0- 76 minggu.  Pertama, fussy week adalah masa di saat bayi lebih rewel dan sangat menguji  kesabaran dari biasanya yang disebabkan oleh perubahan yang terjadi di otaknya untuk berkembang ke tahap berikutnya alias kata kita mah sering di sebut "rungsing mau pinter".  Buku ini applicable banget,  selain ngasih tau teori,  terdapat banyak informasi yang berguna tentang bagaimana mengenal tanda 2 masa fussy week,  cara mengatasinya,  dan kegiatan yang berguna untuk menstimulasi si Baby di saat leap/growth spurt / fussy week ini berakhir, yang disebut juga denga masa wonder week.  Hmm  yang lebih seru lagi ada aplikasinya lho,  yang buat mempermudah para moms yang ga sempet baca bukunya yang super panjang.


Image result for the wonder weeks book

Image result for the wonder weeks book
Inilah ilustrasi kapan fase fussy dan wonder week ini terjadi 

Image result for the wonder weeks book
yang seru dari aplikasi ini adalah menyediakan diary sebagai catatan dalam mengobservasi perkembangan baby kita. Seru, khan?

Based on my review, buku ini bagus banget as a guide line, walaupun ga bias juga ya jadi andalan 100%. As we know,  banyak banget teori dan buku parenting yang kadang ada beberapa yang saling kontradiksi jika dikaji dari berbagai perspektif yang berbeda. Well, you can rigid to one theory or another,  and also you can be flexible with both theory,  it's OK,  what makes you comfortable with. Dengan kata lain, moms juga harus mengandalkan hal yang paling penting dan harus dipunya sebagai seorang Ibu, yaitu intuisi dan insting. Hmm, seketika  jaadi inget celotehan si Mak, pembantu di rumah yang suka merhatiin kelakuan si bayi Han2. Suatu hari ketika si bayi kecil sedang mengalami fussy week, dia langsung menanggapi: "Aduh,  neng kenapa ya,  kok nangis terus si Ade? Lagi rungsing ya?  Tenang ya neng,  bayi mah memang suka rungsing kalo mau pinter, haduh bibi so tau,ya? Padahal SD aja gak tamat.

See,  betapa insting dan intuisi membantu kita tanpa butuh banyak Teori

ini foto fussy week pertama Baby Hanhan 

ini foto wonder week pertama Baby Hanhan 

"Trust your ability as a mom." Youre the one who know the best for all your child  needs, you understand how to comfort him/her to feel secure.
“Yes,You're The best mom for your child.”

Semoga buku ini bisa berguna untuk para Moms :)












0 komentar:

Posting Komentar

 

- Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos