Jumat, 29 Agustus 2014

Studio Ghibi

Diposting oleh mirefasdiari di 07.11
Studio Ghibli

Studio Ghibli

Seperti janjiku sebelumnya, kali ini aku akan posting tentang film-film dari Studio Ghibli. Perbincangan dengan beberapa kawanku yaitu, Dani, Dandi, dan Nisa, mengingatkan akan kekagumanku pada film-film yang ada di Studio Ghibli. Alasan aku suka film Studio Ghibli karena bentuk karakter manganya memang sederhana, tapi ilustrasinya bener- bener keren banget, penuh dengan imajinasi tingkat tinggi, dan yang paling menarik adalah selalu ada pelajaran berharga yang disampaikan oleh film-film tersebut yang akan menginspirasi dan memotivasi penontonnya di seluruh dunia.

Hayao Miyazaki

Studio Ghibli mulai menerbitkan filnya dari tahun 1980-an. Adapun film pertamanya berdasarkan Wikipedia adalah, Castle in The Sky pada tahun 1986. Salah satu direktur dari Studio Ghibli itu sendiri adalah Hayao Miyazaki. Hayao Miyazaki merupakan seorang direktur, animator, komikus, penulis skrip, dan produser dari beberapa karya di Studio Ghibli. Menurutku, beliau merupakan Walt Disney versi Asia, karena beberapa karyanya sukses memperoleh penghargaan baik di Jepang maupun Internasional.  Ini beberapa judul Studio Ghibli:

The Movies

1.    Castle in the Sky (1986)
2.    Grave of Fireflies (1988)
3.    My neighbor Totoro (1988)
4.    Kiki Delivery Service (1989)
5.    Only Yesterday (1991)
6.    Porco Rosso (1992)
7.    Pompoko (1994)
8.    Whisper of The Heart (1995)
9.    Princess Mononoke (1997)
10. My Neighbors the Yamadas (1999)
11. Spirited Away (2001)
12. The Cat Returns (2002)
13. Howl’s Moving Castle (2004)
14.  Tales from Earthsea (2006)
15. Ponyo (2008)
16. Arrietty (2010)
17.  From Up on Poppy Hill (2011)
18.  The Wind Rises (2013)
19.  The Tale of Princess Kaguya (2013)
20.  When Marnie was there

Beberapa film diantaranya  menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat jepang, seperti  whisper of the heart, grave fireflies, namun beberapa film yang settingnya Eropa, seperti, kiki delivery service,  Tales from Earthsea dan sisanya film fiksi/ imajinasi, Princess Mononoke, Ponyo, Castle in the Sky, dll.

Dari semua film tersebut ada empat film yang belum aku tonton, yaitu Only Yesterday, Porco Rosso, The Tale of Princess Kaguya, dan When Marnie was there. Lets download it , yeayyy!
Adapun film Studio Ghibli pertama yang aku tonton adalah Spirited Away, yaitu sekitar lima tahun yang lalu. Wah keren banget ceritanya! Terus beberapa bulan yang lalu kakakku, Reza,  mendownload beberapa film studio walaupun gak semuanya. Kita sering nonton bareng bahkan bersama neo, keponakanku, walalupun sebagian sih nonton sendiri.  Dan inilah beberapa film favoritku:

Whisper of the heart


Aku suka banget ma quote yang satu ini, saat Shizuku menanyakan opini kakek Seiji mengenai tulisan pertamanya. Quotesnya keren banget untuk pernulis:   
Right. It's rough, unsubtle, and unfinished. Like Seiji's violins. You definitely showed me your freshly quarried stone. You did your  very best, didn't you. You're terrific. There's nothing to get upset over.  Please take your time and do a solid job polishing it.”

Kiki delivery service


Quotesnya keren banget untuk pelukis  :
“When I was your age, I decided to become an artis, I love to paint so much, I paint all day till fell asleep, but  One day, for some reason I just couldn’t paint anymore , I try and try,but nothing I did seem any good , I just felt like I lost my ability, may be I should take a break, and then I found the answer that finally I discover  my own painting style. Sometimes, you have just to wait for the right inspiration to come along.”

Princess mononoke

Film ini secara umum menyampaikan bahwa sebagai makhluk hidup kita harus menjaga alam, dan mematuhi hukum alam untuk kebaikan kita bersama.

Grave of fireflies.

Satu kata untuk film ini, speechless. Adapun inti dari fim ini menceritakan tentang perjuangan adik-kakak untuk bertahan hidup di masa perang dunia ke 2.

From Up on Poppy Hill.

Aku suka banget pemeran pertama dari film ini. Dia punya karakteristik yang semangat, optimis, pekerja keras, dewasa, bertanggung jawab, Aah pokoknya bener-bener karakter calon istri yang perfect banget d :D

Itulah beberapa film favoritku, bagaimana denganmu? Lets share it, guys! :D

Oia, ternyata ada juga Studio Ghibli Museum, Shop and Café.   Whoaaa, it must be my next destination! Im going there, someday J Aamiin


Ghibli Museum 
Halo totoro XD

pintu gerbangnya

tiket :D

Robot yang ada di Castle in the Sky
Taman Spirited Away



Ghibli Shop



Toko bertema Castle in the Sky

Ghibli Cafe

The Menu
Oh Cat everywhere ^w^
Kiki Coffe :p

Strawberry Short Cake ala Kiki Delivery Service 

Mau bisa buat bekal seperti itu XD


Mungkin, ini yang bisa aku share kali ini. Akhir kata, Film2 Studio Ghibli memang menginspirasi banget.  Thank to Mr. Hayao Miyazaki. Makin sering nontonnya, makin keren XD.  Jepang sudah bisa membuat film-film sekeren ini sejak tahun 1980an. Semoga suatu hari nanti Indonesia dapat membuat karya-karya sekeren ini ya!


Ayo Anak muda Indonesia, Mari berkarya :D


referensi gambar: google

0 komentar:

Posting Komentar

 

- Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos